Part of Great Memory



Gue ceritain tentang DDMBOYZ. Yaya, gak ada yang tau jenis makhluk apa tu DDMBOYZ. Spesies dari kingdom apa pastinya gak ada yang tau. Yang penting, kami, DDMBOYZ sangat menikmati itu. Bodo amat lu mau protes sok tenar en narsis tentang DDMBOYZ. ‘Siapa elu, kok mau di posting-posting ke blog segala, emang gue kenal’. Mungkin itu yang ente-ente pikirkan tentang DDMBOYZ. Mungkin gan, mungkin. Kalau gak ada yang calm down aja.
But, at the first, nih gan. Gue deskripsikan watak-watak loh yang berhasil gue rekam di memori.

ARIES
Bocah rantau dari Rantau Panjang. Kalau mau diukur dari kelebatan bulu kaki, dialah yang tertua diantara kami. Mungkin jadi salah satu nominasi Bulu Kaki Teralay SMA se-Muba. Lebatnya minta ampun gan. Mana hitam, keriting pula. Selalu ngereseng pas tiba disekolah en langsung berbisik ke gue atau gak ke Charles atau ke Pije minta stok minyak rambut untuk ngerapihin rambut ala premannya. Do’i punya kaus kaki spesial yang bolong yang dijadiin bahan tertawaan di tangga bajep. Selalu berdalih kaus kaki nya baru dibeli seminggu yang lalu. Gue julukin Bapa Aries. Omongannya seperti tetuah-tetuah kampung. Cocok jadi seksi keamanan pas orkes kawinan. Terkenal dengan julukan tendangan mecah kepalak koyok.

JENI CHARLES
Budak berang #Sungai Keruh. Nih anak mungkin kerabat dari Aristoteles atau Plato nyasar. Selalu berfilsafat kalau diajak ngobrol. Paling mampu membalikkan fakta yang benar-benar salah menjadi benar.dan sebaliknya, fakta yang benar, mampu dia putarbalikkan jadi salah. Kalau jadi pengacara, mamang pentol depan pengadilan pun bisa masuk bui. Tangannya yang bise, membuat dia diwaspadai oleh DDMBOYZ. Gerak geriknya selalu diperhatikan karena jangan sampai merusak benda yang dia pegang. Laptop yang lagi dipantengin DDMBOYZ langsung hitam padam karena touchpad-nya di sentuh Charles. Hati-hati gan. Eh, iya, do’i punya pacar, kehabisan tempat ngukir nama, nama pacarnya di ukir di pantai. So romantic. Dijuluki dengan nama tendangan mecah kepalak onto.
TULUS ANGKUMIHARJA
Anak Ngunang. Punya kebiasaan mecahin jerawat pas Tahiyat akhir sholat. Kebiasaan unik plus aneh. Guyonannya super gila, lucu,dan tak tertebak. Cukup pendiam dikalangan cewek-cewek sekolah. Punya nenek yang DDMBOYZ jodohin sama guru Olahraga SMANDA. D’oi Liverpudlian plus Three Lions-ers gan. Selalu lupa naruh perlengkapan sekolah; sepatu, tas, deelel. Pernah nyuri cempedak gue pemberian teman asrama, yang akhirnya perbuatannya terbalaskan, cempedak dia abis digerogoti teman asramanya juga. Dan akhirnya, dia menemukan jodohnya di kelas XII melalui tragedi suara merdu, “TULUSSSSSS”. Semoga langgeng yak.

JANITA DWI PUTRA
Di panggil ‘Yan’. Favorit dikalangan cewek sekolah karena punya tampang ‘menarik’. Kata salah satu cewek tu mirip kepi. Selalu semangat setiap ditimpa masalah. Easy going. Sempat membuat geger sekolah (khususnya kalangan cowok) karena tersebar video dia bersama salah satu cewek sedang asyik duet menari. Yan adalah DDMBOYZ yang paling sulit dihubungi pas libur karena rumahnya gak dapet sinyal operator. Hidupnya pernah terancam disekolah karena skandal film Amerika. Tapi akhirnya lolos dari hukuman juga. Congrat.

EGYD TRADIGA
Si kacamata dari Simpang Kowik. Cukup kritis dengan suatu keadaan. Selalu menjadi yang terdepan kalau soal taruhan bola atau bermain futsal. Kata-kata yang gue ingat dari do’i yaitu positifitisme. Selalu ada yang positif di balik bayang-bayang negatif. Pernah ngarang cerita tentang masa depan DDMBOYZ yang menyentuh hati. Pertanyaan paling konyol yang pernah gue denger dari do’i yaitu,”Bagaimana cara membuang Al-quran apabila Al-quran tidak digunakan lagi?” Sedeng!!

RENO YUDHISTIRA
Asal kampung Ngulak III. Pecinta berat olahraga Silat. Materi ceremony-nya selalu yang ekstrem-ekstrem. Mecahin genteng pakai kepala. Ngunyah lampu Sinyoko. Berhasil ngejalin hubungan dengan seorang cewek melalui pinjam-meminjam nametext. Do’i punya kekuatan super yaitu mandi secepat kilat. Pernah juga saingan sama kakak kelas untuk ngedapetin adek kelasnya yang seperguruan silat, alhasil do’i menang mament. Bercita-cita jadi guru matematika en akhirnya bisa tercapai. Lulus FKIP matematika Unsri gan. Selamat selamat.

DONNY PRIMAJAYA
Nama panggilan Pije. Benar kata Egyd, do’i si kecil yang mudah terprovokasi. Selalu protes dengan peraturan sekolah yang terus berubah-ubah. Katanya jadi siswa jangan cuman menerima. Striker DDMBOYZ gan. Baik banget gan. Pernah bela-belain pulang en ngambil duit untuk nraktir DDMBOYZ es puter en pempek kapal selam. Paling bisa nyanyi di antara personel DDMBOYZ. Punya perusahaan bahan tambang galian C. Bebongen. Ada rencana do’i partner-an dengan Charles ngebentuk Sekolah Tinggi Bebongen. Selalu berhasil membuat ngakak.

WISTRA GALIH RAKHASIWI
Anak Sungai Lilin. Nih anak tergila-gila dengan sepeda antik dan modifikasi motor. Cool namun kelakuannya konyol kayak Andre OVJ. Logo DDMBOYZ tuh do’i yang temuin. Menjadi bek pakem kalau DDMBOYZ maen futsal. Paling gila kalau disuruh lipsync. Selalu diem kalau DDMBOYZ lagi cerita bola. Guyonannya rada-rada omesh tapi selalu berhasil buat ngakak. Drumer handal gan. So cool.

NOVRIANSYAH LUKITO
Si hitam manis dari tanah Samping Obak. Partner gue pas jadi calon ketos-waketos. Pintar euy kalau soal hitung-menghitung. Sempat dipanggil oleh guru Kimia dengan sebutan si Seram karena mungkin ada aura seram yang terpancar dari wajah do’i. Pintar memang pintar, tapi gue selalu jadi puyeng sendiri pas minta diajarin matematika. Pintarnya cukup untuk dia doang. Cocok-lah jadi peneliti ditengah hutan rimba tak berpenghuni. Selalu menjadi saingan gue kalau soal La Liga karena do’i penggemar berat Christiano Ronaldo yang notabene saingan juga sama idola gue, Lionel Messi.

CATUR AKBAR TANJUNG
Si besar dari Kayuare. Panggilan sehari-hari Katty si Kucing Garong. #JustKidding. Paling sering ngujungi kosan Mang Fadol, mungkin karena sering diusir dari rumah. Keteledoran tingkat tinggi yang pernah do’i lakuin yaitu nemuin buku IGCSE kami (gue en Catur) yang hilang namun gak diambil karena gak tau kalau tuh buku adalah buku yang dicari. Pernah membangun hubungan spesial dengan adik kelas cowok berinisial TN en gak tau gimana kelanjutannya sekarang. Pernah juga sama kakak kelas cowok, panggilan sayang mereka tu, bray en bro. Its so romantic.



Sedikit melenceng dari realita nyata ya gan.

Asal muasalnya gue gak pernah inget fix tanggal berapa tu DDMBOYZ maulid or lahir or brojol ke dunia fana ini. Ya memang gak ada kejelasan deklarasi kapan DDMBOYZ tu ada en gak ada akte terkait kelahiran tu sekumpulan anak resah en risau, serta kemunculannya juga gak di catet sama petugas KUA setempat, #Kayuare. Jadi bisa dikatakan misterius kapan DDMBOYZ muncul ke dunia. Secuil yang gue masih inget, Tulus yang cetusin nama DDMBOYZ pas di kosan Mang Fadol –basecamp DDMBOYZ-

@KOSAN MANG FADOL
Kosan Mang Fadol adalah kosan terelit yang pernah gue tempati barengan sama Reno, Yan, en Tulus. Alamat kosannya gue masih inget, di lorong kuburan. Banyak kuburan mament, di gapura yang terbuat dari kayu bakar bekas, langsung di sambut dengan lima sampai tujuh kuburan yang batu nisan nya cuman terbuat dari potongan potongan kayu. Ada beberapa yang terbuat dari semen, mungkin mayatnya dari kalangan elit politik yang kaya karena korupsi tiga sampai lima jutaan perbulan. Korupsi tanggung itu mah. Di areal pekuburan itu tertanam pohon mangga, pohon sawo, dan pohon pisang yang tumbuh rindang menaungi kuburan kuburan tersebut. Berusaha banget tu pohon supaya tu kuburan keliatan adem ayem dan sejuk. Jadi kesannya enak untuk dijadiin tempat mojok bagi pemuda pemudi yang keabisan tempat mojok di Kirab atau di depan Stadion Serasan Sekate. Tapi sekali lagi, gak ada yang mau mojok ke sana.

Salah satu misteri yang sulit untuk teliti lewat ilmu eksak yaitu kematian dari sang pohon Sawo. Kami sungguh sangat menyesali akan kematian tuh pohon tua tua keladi. Tua tua aja mament, tapi produktivitas akan buahnya sungguh sepeti pohon yang masih tujuh belasan. Suit sepentin. Konon, Reno pernah melihat cewek samping kosan kami yang body nya ‘waduh’ (temen temen gue yang berkunjung ke kosan bukan untuk ngejenguk kami, tapi mantengin si cewek ngejemur pakaian abis mandi. Memang gila tu cewek. Gak tau kalau spesies kami sangat sensitif akan hal-hal yang berbau ‘abis mandi’) manjatin Sawo yang lagi ranum. Pasti keenakan si Sawo, di panjetin sama cewek ‘waduh’. Tapi, sungguh tolol si Sawo. Dia gak tau risiko kalau sudah di panjetin sama cewek. Kata Reno pohon Sawo tu wafat akibat di panjetin sama cewek yang lagi di datengi tamu bulanan. Gue bener-bener gak tau apa hubungan antara kedua hal tersebut. Kematian dan acara pemanjatan oknum tersebut. Mungkin, pas si cewek manjat, keluarlah suatu benda yang bersifat korosif dari tubuh cewek sehingga menyebabkan kerusakan sel epidermis dan terus menerobos ke dalam  lapisan endodermis batang sehingga terjadi kerusakan pada pembuluh angkut. Akibatnya suplai air dan unsur hara ke daun dan suplai makanan dari daun ke seluruh bagian tubuh si Sawo terhambat, sekaligus menghentikan proses fotosintesis dan menyebabkan nyawa si Sawo melayang (pelajaran biologi kelas XI bab Jaringan pada Tumbuhan). Tamat sudah riwayat Sawo. Semoga diterima disisi-Nya. Amin

Kosan mang Fadol dilengkapi berbagai fasilitas yang bagi kami, sangat ‘wah’. Dilengkapi dengan 4 kamar mandi kelas eksekutif, 1 kamar mandi kelas VVIP, dan 1 kamar mandi darurat. Kamar mandi kelas eksekutif dibagi lagi jadi 2 bagian, eksekutif hulu dan eksekutif hilir. Yang eksekutif hulu memang tidak berada di wilayah kosan Mang Fadol, yaitu dibelakang kosan Mang Sidi. Yang menjadi kamar mandi favorit kami adalah kamar mandi eksekutif hilir. Tuh kamar mandi memang didesain untuk bisa saling komunikasi langsung antar mandi-ers. Kamar mandi dibuat jadi dua dan dipisahkan tembok, namun bak nya dibuat menyatu. Jadi, tidak ada dinding yang memisahkan bak mandi. Maka dari itu, para mandi-ers bisa langsung tau siapa lawan main nya di kamar sebelah. Cowok atau cewek bisa langsung ketahuan. Tentunya, keadaan ini langsung dijadiin oleh segelintir oknum anak kosan sebagai sarana hiburan melepas penat dari sekolah.

Pernah Yan cerita. Pas sore mendung nan kelabu itu, dia mengendap-ngendap ke kamar mandi. Sendirian. Dia tidak tau bahwa ada orang yang juga lagi mandi di kamar sebelah. Tragedi dimulai. Ditengah kesunyian kosan. Ditengah suara-suara angin menghebus. Ditengah keremangan cahaya yang masuk ke kamar mandi lewat genteng bening. Ditengah beberapa helai pakaian yang baru dia lepaskan. Dia lihat, belum ada riak air di bak. Melalui pantulan cahaya di bak mandi. Terlihat sosok cewek yang baru memulai kegiatan pemandian. Terlihat jelas, itu tuh. Namun, cewek itu mengetahui keberadaan Yan. Sedetik kemudian. Celebur. Celebur. Gayung masuk ke bak mandi. Riak air merusak pemandangan sore kelabu itu.Yan tertunduk menyesali riak air yang muncul tersebut. Yan pasrah dan ikhlas. Yan tau itu cuman kesalahan rejeki yang diberikan ke Yan. Tragedi berakhir.

Pernah Reno juga bercerita. Sore itu, dia mandi di kamar mandi VVIP. Baru sepersekian detik dia masuk ke lokasi, dia melihat jejak kaki misterius di bibir bak mandi. Aneh. Ada jejak kaki di bibir bak mandi. Analisi Reno, tidak mungkin ada yang mau loncat indah atau mau renang gaya anjing di kamar mandi yang ukurannya cuman 1x1x1 meter itu. Dia lihat, ternyata si bak mandi dibuat menempel dengan dinding kamar mandi eksekutif hilir. Dan dinding tersebut bagian atas nya sudah jebol. Reno terhenyak. Jangan-jangan ada cewek yang mau ngintip dia pas mandi. Ada ada saja.

Ada lagi cerita tentang kamar mandi eksekutif hilir. Yang ini menyangkut si besar Catur. Pada saat malam penganugerahan Kuyung Kupek Muba, mereka tega meninggalkan gue sendirian di kosan untuk mantengin acara itu. Enggak enggak. Gue gak ngeh nonton yang begituan. Pandangan gue, tuh acara secara gak langsung ngatain oknum-oknum yang wajahnya agak rada-rada sedikit jelek. Semua pesertanya dianggap ganteng dan cantik. So, orang lain yang bukan peserta dianggap lebih jelek dari peserta. Terus, mereka bertiga, Reno, Yan en Catur jam tujuh-an langsung hijrah ke Stable Berkuda –lokasi acara-. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam berlalu. Alhasil gue lirik hp, jam menunjukkan pukul 00.00. Tengah malam.Tapi, trio itu belum pada pulang. Gue mau aja langsung tidur. Tapi takut pas mereka balik ke kosan, gue gak kebangun-bangun. Gak tega liat mereka tidur di koridor kosan yang notabene lantai kasar nan berdebu. Gue tunggu terus. Sampai akhirnya mereka datang. Pas udah di kosan semua, Yan membuka pembicaraan dengan tertawa ngakak. Gue bengong en bingung.
“Ngape Yan, raga nga tawe ikak”, gue tanya.
“Tadik kak nah coh, Reno kak masuk wc belah ikak, ku ke wc belah umah mang fadol tu. Pas ku masuk tu, jingok ku ade bibik bibik dang duduk mengkung di kloset, ade anak e hek nunggu pulek. Aku temesan, bibik tu temesan pulek. Dem ku diam bae sambel keluo. Tau e, Catur ikak masuk pulek. Dak tau mun ade bibik hek dang pup”, kata Yan.
We just laugh.

Fenomena lain yang sering terjadi di kosan Mang Fadol sering menimpa Aries. Tuh bocah Rantau Panjang kan pakai kartu XL. Jadi, setiap kali dia nokrong en ngejogrok di kosan, sinyal hp nya selalu hilang. Gak terdeteksi sama operator. Kami gak tau kenapa bisa begitu. Mungkin sinyalnya takut sama penunggu kuburan sekitar kosan.tuh bocah gak pernah berenti protes en sampai kapan fenomena itu berakhir. En Reno ada-ada saja akalnya menjawab demo solo dari Aries. Sok pakai teori dari scientist mana gue gak tau, dengan santai do’i bilang,
”ape nga dak ngelek nang samping kosan ikak. nambun aren taik ayam. Gara-gara taik tu lah coh, sinyal hp nga ilang”.
Mungkin Benar, No.
To be continued......

Masih banyak boy, cerita cerita kita di kosan Mang Fadol en SMANDA. Just wait, DDMBOYZ........

Komentar

Posting Komentar

There's Any Comment Guys?

Postingan populer dari blog ini

Air Adalah Hidup Sederhana

Cahaya Kecil

Korelatif 2 (Part 2)