Kan ku bayar nota kebahagiaan untukmu, oh Ayah Ibu


Malam itu –Jumat, 06 Juli 2012- gue dapat pelajaran berharga. Yap, pas malam itu kurang lebih enam ratus ribu peserta SNMPTN 2012 ngejogrok depan laptop or di warnet mantengin pengumuman SNMPTN 2012. Tak terkecuali gue. Sebelum pengumuman niatan gue jangan sampai hal itu ketahuan Ayah. Gue sendiri yang harus tau lebih dulu pengumuman itu. Memang, sepengetahuan Ayah, pengumumannya tanggal 7 Juli. Namun, tanpa sepengetahuanya juga, pengumuman dipercepat jadi tanggal 6 Juli. Nah, selanjutnya gue bersimpuh sendiri di dalam kamar ditemani hp dan surat pendaftaran SNMPTN, pengumuman itu dibuka jam 7 teng. Gue duduk sendiri dengan degup jantung yang hebat yang gue anggap adalah degup jantung tercepat kedua setelah degup jantung gue pas kelulusan SMA. Ayah. Itulah yang paling gue takuti. 


Bukan ditakuti karena Ayah bakal ngebunuh gue kalau gak lulus. Simpel tapi serius, gue gak mau ngecewain Ayah. Detik demi detik berlalu, namun tetap aja banyak kendala kalau ngeliat pengumuman lewat hp. En sesuatu yang gak gue inginkan akhirnya terkuak lebar en berhasil dengan sempurna membuat hati gue tambah ciut. 
Ayah berteriak dari depan tv, “Yo, gisok ek pengumuman kamu tu?”. Langsung otak ku berpikir tentang apa yang harus aku jawab dari teriakan polos Ayah. Aku langsung balas teriakannya,”La mulai Yah pengumumannye, malam kak la mulai”. Fuih, akhirnya Ayah mengetahuinya. 5 detik kemudian, Ayah telah ikut bergabung ngejogrok di dalam kamar gue. Diluar dari faktor Ayah, pengumuman itu sebenarnya gak lagi berpengaruh apakah gue bisa kuliah atau gak. Karena, sebelumnya gue udah keterima di sekolah tinggi di Jogja. Jadi, kalau gak lulus di SNMPTN, tentu gue bisa kuliah disana. Tapi itulah, wajah Ayah menjadi momok yang membuat gue takut  akan ketidaklulusan. Toh gue gak menaruh banyak harapan dapat lulus. Gue jawab soal SNMPTN apa adanya. Gak terlalu terobsesi lulus. Pas pmdk gue keterima di Jogja, gue udah lega banget. Pertimbangan gue banyak tentang apa dan dimana gue harus kuliah. Latar belakang pekerjaan Ayah en Ibu jadi guru di SMP, dengan gaji yang gue gak tau masuk kategori lumayan atau gak. Di keluarga gue gak cuman gue yang mau sekolah, Ayuk masih kuliah en setahun lagi baru tamat. Nah gue baru mau masuk kuliah. En Adek gue juga  baru mau masuk sma. Berarti, gue harus nyari tempat kuliah yang ngirit. Dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang murah. En pas. Gue bakal di Jogja, dimana gue sering denger bahwa biaya hidup plus kosan di sana murah meriah. Alhamdulillah. Perbandingannya aja kosan disana biayanya due jete pertahun. Pas gue tanyain temen gue yang lulus di Unsri en bakal ngekos di Indralaya, biaya kosnya lime jete pertahun. Prinsip hitung-menghitung atau dalam bahasa daerah gue, peritongan harus secara benar-benar dipraktekkan. Pokoknya, pas nentuin harus dimana gue kuliah, pertimbangan gue bejibun. Kembali ke topik pengumuman SNMPTN. Alhasil, karena pengumumannya gak bisa dibuka di hp, gue ambil inisiatif untuk ngebukanya di laptop. En alhasil lagi, semua anggota keluarga gue, kecuali Ayuk yang lagi di jebus sana, ngeliat pengumuman SNMPTN gue. Bak menonton film keluaran terbaru, sekeluarga menyaksikan action gue ngebuka situs SNMPTN. Gue ketik tu alamat website. Detik-detik berlalu, gue masukin nomor pendaftaran,  tanggal lahir, en captcha nya. Walhasil, ane kagak lulus gan. Terjawab sudah ke-dagdig-an jantung gue.  Angan-angan en impian gue kuliah di universitas secara gamblang pupus sudah. Dalam hati gue ada terselip dikit, sungguh sangat sedikit kekecewaan, namun yang berhasil ngebuat gue sangat sedih adalah wajah kesenduan dan kegalauan Ayah. Memang, keinginan Ayah dengan gue berbanding terbalik. Dulu gue selalu ngejawab iya kalau Ayah suruh untuk ngambil en bisa kuliah (faktanya gak bisa) di fakultas tersebut. Padahal baru gue sadari kalau jalan yang gue lalui itu sangat salah. Seharusnya gue ngomong yang sebenarnya ke Ayah. En gara-gara itu juga, gue berhasil membuat Ayah bersedih. Kejadian itu gue sadari sangat aneh. Karena, gue yang gak lulus, en gue lah yang patut en pantas untuk bersedih. Namun, Ayah yang mengambilalih perasaan itu dari gue. Ironis. Sejurus dem tu, akhirnya gue angkat bicara. “dem Yah, aku dak lulus, dak ape ape Yah ek”. Dengan nada yang sedikit agak meninggi en itu membuat aku jadi takut plus kembali bersemangat, Ayah menjawab, “men dak lulus tu dak ape ape, tapi kau tu Yo jangan dak semangat, kau tu dak semangat”. Gue gak bisa nangkap apa yang Ayah maksud. “dem terserah di urang laen, nak masuk universitas kak, nak masuk fakultas kak, yang penting kau kuliah di sikak (sekolah tinggi tempat gue nanti). Gek men la kuliah, harus bangga dengan almamater kampus tu”, tambah Ayah lagi. Nah, kata-kata ‘bangga’ itulah yang membuat gue semakin harus dapat membuktikan bahwa pilihan gue tu dapat dibanggakan.

Hahaha
Guru gue pas di Smanda pernah bilang kalau orang tua gak akan pernah nagih nota berisi catatan sudah seberapa banyak mereka memberikan uang untuk kebahagiaan kita sebagai anak mereka. Gue setuju banget. Kan gak mungkin tuh orang tua datang en nagih, “nak, ini nota jumlah uang yang telah ayah dan ibu mu berikan untuk keperluanmu selama kamu hidup sampai sekarang. Mohon untuk dibayar kembali nak”. Kan bener-bener impossible tuh. Gue memang setuju kalau orang tua gak akan nagih tu nota ke anaknya, tapi gue bener-bener nambah setuju kalau anaknya yang harus punya kesadaran untuk ngebayar tuh semua kebahagiaan ke orang tuanya.
Semoga Allah meridhoi jalanku. Amin.
I’M Coming FUTURE!

Komentar

  1. Enkun22.43

    Gue juga mengalami hal yang sama. Tapi kita harus tetap bersyukur dan bangga dengan apa yang telah Allah pilih untuk kita. Klo emas, dimanapun tempatnya tetap emas. GANBATTE!

    BalasHapus

Posting Komentar

There's Any Comment Guys?

Postingan populer dari blog ini

Air Adalah Hidup Sederhana

Cahaya Kecil

Korelatif 2 (Part 2)